http://jambi.ptsp.web.id

Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kanwil Kemenag Provinsi Jambi

Layanan Surat Keterangan Penggantian Ijazah :

Pengertian :
Surat Keterangan Penggantian (SKP) Ijazah/STTB adalah surat pernyataan resmi dan sah yang berpenghargaan sama dengan Ijazah/STTB pada Madrasah.

Persyaratan :
1. Pemohon adalah pemilik Ijazah/STTB yang hilang atau yang diberikan kuasa oleh pemilik Ijazah/STTB tersebut.
2. Mengisi dan menyampaikan formulir permohonan.
3. Menanda tangani dan menyampaikan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak.
4. Menyampaik Foto copy Ijazah/STTB yang hilang, buku rapor asli, dan/atau dokumen lain yang terkait dari pemilik Ijazah/STTB yang hilang.
5. Menyampaikan surat keterangan kehilangan dari phak kepolisian.
6. Apabila tidak ditemukan data diri pemohon pemilik Ijazah yang hilang, maka pemohon wajib menghadirkan 2 (dua) orang saksi teman lulus satu angkatan pada madrasah yang sama dan menyampaikan salinan putusan/fatwa dari pengadilan terkait kehilangan Ijazah dari pengadilan negeri setempat.

Prosedur :
Madrasah masih beroperasi.
1. Pemohon mengisi formulir permohonan dan menyerahkan kelengkapan persyaratan kepada Kepala Madrasah yang menerbitkan Ijazah/STTB.
2. Petugas menrima dan mengarsipkan permohonan tersebut dengan memberikan bukti tanda terima penyerahan dokumen kepada pemohon.
3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi kelengkapan persyaratan yang telah ditetapkan sesuai dengan data-data yang valid.
4. Apabila hasil verifikasi dan validasi tersebut lengkap dan didukung dengan data yang valid, petugas menyiapkan konsep SKP Ijazah dan meneruskannya kepada Kepala Madrasahuntuk medapatkan persetujuan.
5. Kepala Madrasah menerbitak Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB dengan diketahui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat.
6. Petugas menyerahkan SKP Ijazah/STTB yang telah ditanda tangani oleh Kepala Madrasah dan diketahui oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota kepada pemohon.

Madrasah Tidak Beroperas/Tutup.
1.Pemohon mengisi formulir permohonan penerbitan SKP Ijazah/STTB dan menyerahkan kelengkapan persyaratan yang ditetapkan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat atau Pejabat lain yang berwenang.
2. Petugas menerima dan mengarsipkan permohonan tersebut dengan memberikan bukti tanda terima penyerahan dokumen kepada pemohon.
3. Petugas melakukan verifikasi dan validasi kelengkapan persyaratan yang telah ditetapkan sesuai dengan data-data yang valid.
4. Apabila hasil verifikasi dan validasi tersebut lengkap dan didukung dengan data yang valid, petugas menyiapkan konsep SKP Ijazah/STTB dan meneruskannya kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atau Pejabat lain yang berwenang untuk mendapatkan persetujuan.
5. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atau Pejabat lain yang berwenang menerbitkan SKP Ijazah/STTB karena hilang.
6. Petugas menyerahkan SKP Ijazah/STTB yang telah ditanda tangani oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atau Pejabat lain yang berwenang kepada pemohon.

Estimasi Waktu:
90 Menit

Persyaratan/ Kelengkapan Administrasi (5):

  1. Pemohon adalah pemilik Ijazah atau yang diberikan kuasa oleh pemilik Ijazah
  2. Mengisi Formulir Permohonan
  3. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak
  4. Foto copy Ijazah yang hilang atau buku rapor asli, dan/atau dokumen lain yang terkait
  5. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian